Dihimpun beritajatim, Rabu (13/04/2022) tunjungan Plaza 5 mall Surabaya di jalan tunjungan terbakar, sekitar pukul 17.45 WIB. Dari pantauan beritajatim, kebakaran mall terbesar di kota Surabaya ini membuat kemacetan arus lalu lintas.

Pantauan beritajatim di lokasi, petugas mengerahkan 3 mobil bronto skylift dan puluhan mobil pemadam kebakaran. Tampak pengunjung juga berhamburan keluar dengan panik dari pintu gerbang TP Mall.

Hartoyo menjelaskan, untuk informasi awal api berasal dari parkiran The Peaks yang terletak di lantai 8 Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya.

“Untuk informasi awal, kobaran api tampak dari parkiran lantai delapan TP 5. Hingga kini kami masih belum dapat menyimpulkan dengan pasti penyebab api dari mana,” terang Hartoyo.

Lanjut Hartoyo, sejauh ini pihaknya juga belum mendapat laporan korban jiwa. Petugas gabungan dari kepolisian, PMK dan satpol PP dibantu petugas keamanan internal Mall masih mengevakuasi mobil yang ada di parkiran tersebut.

Penyebab kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 di Jalan Embong Malang Surabaya pada, Rabu (13/4/2022), masih belum bisa dipastikan. Tapi dugaan awal sudah disampaikan pihak Pemkot Surabaya dan pengelola Tunjungan Plaza.

Dedik Irianto Kepala Dinas PMK Surabaya menyebut, asap paling pekat ditemukan di tempat permainan anak-anak yang berada di TP 5 lantai empat dan kompor salah satu resto yang belum mati.

Api mulai berkobar di Mall Tunjungan Plaza 5 Surabaya, dimulai dari sisi utara dan menghanguskan bangunan TP-5 samping Sogo.

Lalu lintas disekitar  Mall Tunjungan Plaza 5 Surabaya mengalami kemacetan karena ada banyak pengguna jalan yang berhenti dipinggir jalan.

Sekitar pukul 17.37 setelah adzan magrib, tiba-tiba dari sisi kanan restoran Hotel Four point yang menghadap Jalan Embong Malang terdapat asap hitam.

Tak lama kemudian asap hitam masuk kedalam ruangan semakin pekat dan bau disertai percikan api hingga membuat panik pengunjung.

Tak pelak, pengunjung langsung berhamburan menyelamatkan diri. Belum diketahui penyebab kebakaran, namun demikian video dan foto beredar di pesan singkat WhatsApp. “Banyak pengunjung panik berlarian. Saya kebetulan ada disini berbuka. Waktu itu saya hendak makan. Semuanya pada panik,” terang Deny, salah satu pengunjung TP. Sementata itu Amir Akbar petugas Petugas Kedaruratan 112 Surabaya menerangkan sudah ada mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

“Sebanyak 10 unit kami luncurkan, 3 unit Bronto Skylift. Saat ini petugas PMK sudah di lokasi pemadaman,” terang Amir Akbar.

Saat ini pihaknya sedang melakukan investigasi internal terkait penyebab kebakaran. “Penyebabnya masih diinvestigasi,” ucapnya.

credit image : AGTVnews.com